Minggu, 15 Januari 2017

Apa Fungsi NFC di Android? Ini Jawabannya

  Tidak ada komentar


Smartphone Android kelas atas bahkan menengah kini telah dilengkapi dengan fitur NFC. Apa itu NFC, dan apa fungsinya di smartphone Android?
NFC atau Near Field Communication adalah sebuah bentuk komunikasi nirkabel yang contactless diantara dua perangkat. Kedua perangkat ini bisa terhubung dengan jarak maksimal 4 cm. NFC ini bagaikan pengembangan lebih dari teknologi RFID seperti di smart card.
NFC di smartphone cukup berfungsi untuk kehidupan sehari-hari.
NFC Tag
Fitur NFC tag ini bisa mengatur smartphone untuk melakukan tugas tertentu secara otomatis, misalnya seperti mengirim kontak, membuka website, menyalakan/mematikan WiFi, dan lainnya. Fitur ini membutuhkan sebuah NFC tag ataupun sticker ber NFC, dan caranya hanya perlu menempelkan smartphone ke tag NFC.

Transaksi pembayaran
Mungkin diantara kamu belum begitu banyak yang menyadari kalau sticker T-Cash dari Telkomsel adalah sticker ber NFC. Ya, NFC juga memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran dengan mendekatkan perangkat smartphone ke mesin EDC, dan kecepatannya juga terbilang singkat.
Fitur seperti Android Pay dan Samsung Pay juga memanfaatkan NFC. Keduanya akan terhubung ke kartu kredit ataupun kartu kredit yang kamu miliki.
Di Indonesia, belum begitu banyak bank yang sudah mengimplementasikan pembayaran dengan menggunakan teknologi NFC. Namun, Samsung kabarnya sendiri bakal menghadirkan Samsung Pay di Indonesia dengan bekerjasama dengan beberapa bank.
Transfer File
Manfaat umum yang bisa kamu nikmati dengan NFC adalah mengirim file ke perangkat lain. Berbeda dengan Bluetooth, untuk transfer file dengan NFC ini, kamu harus menempelkan smartphone kamu ke perangkat ber-NFC lain.
Nah, itu dia fungsi dari NFC yang ada di smartphone Android kamu.
Apakah kamu sudah pernah menggunakannya? Jika sudah, kamu gunakan untuk apa?
via DroidPoin

Tidak ada komentar :

Posting Komentar