Jumat, 28 April 2017

Konfigurasi Dasar Mikrotik OS

  Tidak ada komentar

Pada kesempatan kali ini Saya akan Melanjutkan Dari Postingan Sebelumnya Mengenai Mikrotik OS.Cara Install Mikrotik OS Pada VirtualBox
Kali ini Saya Akan Membagikan Bagaimana Cara Melakukan Konfigurasi IP,Hostname dan User Pada MikrotikOS..
Langsung aja Kita Mulai Langkah Pertama..



Pastikan Mikrotik OS Sudah Terinstal dengan Baik dan Benar di Virtual Box dan Siap Digunakan..

Untuk yang Pertama kita akan Merubah Hostname dari Mikrotik OS,Ketikan Perintah "system identity" lalu Tekan Enter..
Untuk merubahnya ketikan "set name=(Nama Bebas)" Lalu tekan Enter.. untuk disini saya Contohkan dengan Router-Kemal..

Jika sudah Berhasil maka Hostname akan Berubah..
Selanjutnya adalah Merubah nama Ethernet atau Interface pada MikrotikOS,Ketikan "interfaces set 0 name=port_keISP" 0 ubah dengan urutan interface yg akan diubah dan Nama dapat diubah bebas..
Untuk mengeceknya gunakan Perintah "interface print"
Selanjutnya adalah Menambahkan User yang dapat masuk Ke dalam Mikrotik OS,Ketikan Perintah "user add name=router_kemal password=123456789 group=read" name dapat diubah bebas,password dapat diisi seseuai keinginan,untuk group sudah ada Ketentuan sebagai beikut..
  • Full :  User dengan group ini memiliki hak akses tertinggi, dapat mengubah konfigurasi, menyalakan, mematikan Router, dan dapat membuat dan menghapus User.
  • Write : Hampir sama dengan Full, tetapi user dengan group ini tidak dapat mengubah policy atau hak akses pada user, dan juga tidak dapat membuat atau menghapus User.
  • Read : Dan group yang satu ini sama sekali tidak dapat mengubah konfigurasi yang ada di Router, hanya dapat melihat saja untuk keperluan monitoring.
Jika sudah cek user dengan perintah "user print"

Selanjutnya adalah Konfigurasi IP Address.. Ketikan perintah "ip address add address=192.168.20.117/24 interface=port1_keISP" Untuk mempermudah gunakan Tombol tab pada Keyboard untuk Meneruskan Perintah..

jika sudah cek ip dengan cara "ip address print"
Selanjutnya adalah Konfigurasi IP Route, Ketikan perintah "ip route add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.20.1" lalu tekan enter.. Untuk ip Sesuaikan dengan IP Masing masing..
Cek ip route dengan Perintah "ip route print"

Untuk yang terakhir adalah Konfigurasi IP DNS,Ketikan perintah "ip dns ser servers=8.8.8.8/8 allow-remote-requests=yes" lalu Tekan enter..

Jika sudah Selesai cek IP DNS Dengan perintah "ip dns print"
Selesai sudah Konfigurasi dasar pada Mikrotik OS...
Terima Kasih :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar